Isnin, 25 Mac 2013

PENGERTIAN SENI MUSIK

Pengertian seni musik

Seni musik adalah karya seni yang selalu berkaitan dengan suara berirama. Musik selalu berhubungan dengan perasaan manusia yang terkait dengan estetika di dalamnya. Musik sendiri penyajiannya dilakukan secara instrumentalia, vokalia, dan campuran.
Wilayah Indonesia memiliki budaya musik daerah yang beragam. Begitu pula dengan musik modern yang berkembang di tanah air, seperti musik pop, rock, jazz, R&B, salsa, dan sebagainya. Banyak grup musik yang berkembang di tanah air, seperti Peterpan, Radja, Ungu, Nidji, Letto, Samsons, Jamrud, Sheila on 7, dan lain sebagainya.
Perjalanan musik di tanah air bermacam dan bervariasi, semua mengacu pada penonton atau audiens. Perkembangan musik tradisional agak tergeser dengan hadirnya musik modern.
Perkembangan musik ada dua macam rumpun musik, barat memiliki sistem nada matematik, yang disusun berdasarkan frekuensi tetap dalam tujuh nada (tangga nada diatonis) yang berkembang menjadi 12 nada dengan jarak yang sama. Musik timur menggunakan sistem nada amatematik, yaitu tangga nada pentatonis yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.
Sistem musik barat digunakan dalam pengembangan daya pikir abstrak, imajinasi, dan kreativitas. Musik dipelajari lebih nyata. Musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih kuat dari pada musik timur.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan